SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA GRUDO KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI KRITIK DAN SARAN BISA DISAMPAIKAN PADA BAGIAN BAWAH POST BERITA

Artikel

Kegiatan Nyadran di Desa Grudo Berlangsung Meriah

19 Juli 2024 20:50:16  Administrator  101 Kali Dibaca  Berita Desa

Grudo.desa.id - Desa Grudo kembali menggelar tradisi Nyadran dengan penuh semangat di dua Dusun, yaitu Dusun Grudo dan Dusun Mojorejo. Acara ini menjadi salah satu momen penting bagi warga untuk berkumpul dan memperkuat ikatan kebersamaan.

Nyadran di Dusun Grudo dimulai pukul 09.30 WIB. Sambutan hangat dari Kepala Desa Grudo, Triono ST, membuka acara tersebut. Dalam sambutannya, Triono ST menekankan pentingnya menjaga dan melestarikan tradisi yang telah diwariskan oleh leluhur. "Kita sebagai warga Grudo harus bangga dengan tradisi dan budaya yang kita miliki, maka dari itu kita sebagai warga penerus harus bisa nguri-nguri budaya di Desa Grudo ini," ujarnya. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Juwari, disusul dengan ramah tamah dan hiburan Tari Gambyong yang berlangsung hingga pukul 11.30 WIB.

Siang harinya, pukul 13.30 WIB, kegiatan Nyadran dilanjutkan di Dusun Mojorejo. Acara dipandu oleh pembawa acara Suyat yang juga sebagai Tokoh Masyarakat di Dusun Mojorejo, dan kembali diisi dengan sambutan dari Kepala Desa Triono ST serta Kepala Dusun Mojorejo, Windy Zakiyah S.Sos. Seperti di Dusun Grudo, doa dipimpin oleh Juwari. Acara kemudian ditutup dengan pembagian ambeng, makanan tradisional yang menjadi bagian penting dalam tradisi Nyadran, serta hiburan Tari Gambyong yang memukau warga hingga pukul 16.00 WIB.

Kegiatan Nyadran di Desa Grudo tidak hanya menjadi ajang silaturahmi antar warga, tetapi juga upaya nyata untuk melestarikan budaya dan tradisi yang telah diwariskan oleh leluhur. Antusiasme dan partisipasi aktif warga menunjukkan bahwa tradisi ini masih sangat dihargai dan akan terus dijaga keberlangsungannya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Sinergi Program

KEMENDES
NGAWI SATU DATA
LAPOR
PPID
JDIH

 Statistik

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:387
    Kemarin:954
    Total Pengunjung:341.677
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.117.76.135
    Browser:Mozilla 5.0