SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA GRUDO KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI KRITIK DAN SARAN BISA DISAMPAIKAN PADA BAGIAN BAWAH POST BERITA

Artikel

Profil Potensi Desa

30 April 2014 18:23:24  Administrator  960 Kali Dibaca 

Desa Grudo, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, memiliki banyak potensi berupa sumber daya manusia (SDM) maupun sumber daya alam (SDA). Keberadaan SDM maupun SDA tersebut tersebar merata di dusun-dusun wilayah Desa Grudo secara beragam. Untuk SDM, masyarakat Desa Grudo memiliki potensi dengan berbagai skil yang dimiliki secara otodidak maupun hasil dari mengenyam pendidikan formal. Dan itu semua sudah terimplementasikan dalam berbagai bidang usaha, profesi, pekerjaan maupun hobi.

Untuk bidang usaha, keterwakilan SDM masyarakat Desa Grudo diwujudkan dalam berbagai bidang baik dalam bentuk barang maupun jasa. Bidang tersebut meliputi pertanian, otomotif, kuliner, niaga, pendidikan maupun dalam bentuk jasa  lainnya.

Dalam bidang profesi maupun pekerjaan, masyarakat Desa Grudo terdiri dari pegawai negeri sipil (PNS), TNI, Polri, pegawai perkantoran, petani, nelayan, buruh, wirausaha,  pedagang hingga seniman. Mereka berdomisili dan tersebar secara merata di wilayah Dusun Desa Grudo.

Sedangkan, potensi masyarakat Desa Grudo dari segi hobi meliputi berbagai ragam. Hobi tersebut terdiri dua hal yaitu hobi  sebagai kesenangan maupun hobi yang berdampak pada pendapatan secara ekonomi. Hobi yang berdampak pada pendapatan ekonomi terdiri pemeliharaan burung, otomotif hingga mencari ikan di aliran sungai Bengawan Solo maupun sungai-sungai lainnya di Desa Grudo.

Dari SDA, potensi yang ada di Desa Grudo berasal dari letak geografis dan ketersediaan aset secara alamiah. Secara geografis, Desa Grudo dilalui jalur lintas provinsi yang sangat berpotensi untuk berbagai usaha. Selain itu, Desa Grudo juga masuk bagian dari pinggiran kota Ngawi, sehingga percepatan pembangunan secara fisik berjalan baik.

Untuk ketersediaan SDA secara alamiah, lahan pertanian memberikan kontribusi besar pada kecukupan pangan. Selain itu, kondisi air yang melimpah memberikan kemudahan dalam pelaksanaan dunia pertanian. Sumber air tersebut berasal dari dalam tanah, aliran sungai, Bengawan Solo maupun air hujan.

Dengan melimpahnya air, bidang pertanian utamanya untuk tanaman padi menjadi optimal. Dalam satu tahun petani Desa Grudo mampu memproduksi ribuan ton gabah untuk 3 kali musim panen. Selain padi, produk bidang pertanian lainnya meliputi sayur, buah, ubi-ubian, palawija maupun keperluan dapur seperti bawang merah. Semua tumbuh subur di wilayah areal pertanian Desa Grudo yang rata-rata berkontur datar.

Secara garis besar, ketersediaan SDA dan SDM di Desa Grudo berkontribusi besar membantu pertumbuhan ekonomi. Bila di kelola secara tepat, bukan tidak mungkin potensi dari SDM maupun SDA akan memberikan percepatan kemajuan Desa Grudo.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Sinergi Program

KEMENDES
NGAWI SATU DATA
LAPOR
PPID
JDIH

 Statistik

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:386
    Kemarin:583
    Total Pengunjung:262.634
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.200.140.218
    Browser:Tidak ditemukan