SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA GRUDO KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI KRITIK DAN SARAN BISA DISAMPAIKAN PADA BAGIAN BAWAH POST BERITA

Artikel

Kue Apem Masih Eksis Saat Lebaran

21 April 2023 12:55:26  Administrator  690 Kali Dibaca  Berita Nasional

Kue apem menjadi salah satu hidangan tradisional yang masih eksis saat lebaran tiba. Kue yang terbuat dari bahan tepung ketan, gula kelapa, dan ragi ini menjadi favorit masyarakat Jawa dan menjadi tradisi menu lebaran.

Apem memiliki ciri khas yang berbeda dengan kue lainnya. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal dengan rasa manis gula kelapa yang khas. Tak heran jika kue apem sering dijadikan sebagai hidangan penutup atau camilan saat berkumpul bersama keluarga dan teman-teman.

Menurut sejarahnya, kue apem sudah ada sejak jaman kerajaan Majapahit. Awalnya kue ini hanya dihidangkan pada acara keagamaan seperti upacara adat dan ritual keagamaan. Namun, seiring berjalannya waktu, kue apem juga dihidangkan saat hari raya lebaran dan perayaan-perayaan lainnya.

Meskipun sudah banyak jenis kue baru yang muncul, kue apem tetap memiliki tempat di hati masyarakat Jawa. Tak heran jika kue ini selalu menjadi primadona saat lebaran tiba.

Bagi yang ingin mencoba membuat kue apem sendiri, berikut ini resep sederhana kue apem:

Bahan-bahan:

500 gram tepung ketan

250 ml air matang

250 ml air kelapa

250 gram gula kelapa

1 sendok makan ragi

Cara membuat:

Campurkan tepung ketan, air matang, air kelapa, dan ragi, aduk rata. Diamkan adonan selama 30 menit hingga mengembang. Setelah mengembang, tambahkan gula kelapa dan aduk rata.

Panaskan cetakan kue apem dengan api kecil. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga setengah bagian. Tutup cetakan dan biarkan kue matang selama 5-10 menit. Angkat dan hidangkan kue apem dalam piring saji.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Sinergi Program

KEMENDES
NGAWI SATU DATA
LAPOR
PPID
JDIH

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:455
    Kemarin:473
    Total Pengunjung:244.194
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:100.28.227.63
    Browser:Tidak ditemukan