SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA GRUDO KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI KRITIK DAN SARAN BISA DISAMPAIKAN PADA BAGIAN BAWAH POST BERITA

Artikel

Tape Ketan, Makanan Khas Masyarakat Jawa Saat Lebaran

19 April 2023 22:03:10  Administrator  13.133 Kali Dibaca  Berita Nasional

Tape ketan merupakan makanan tradisional yang sangat populer di masyarakat Jawa. Biasanya, makanan ini disajikan sebagai hidangan spesial pada saat Lebaran atau saat-saat tertentu seperti upacara adat, hajatan, dan acara keagamaan lainnya. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang difermentasi dan memiliki rasa yang manis dan lengket.

Banyak orang yang menganggap tape ketan sebagai makanan yang sulit dibuat. Namun sebenarnya, cara membuat tape ketan cukup sederhana dan bisa dilakukan di rumah. Berikut ini adalah resep sederhana untuk membuat tape ketan:

Bahan-bahan:

500 gram beras ketan

Air secukupnya

1 sendok makan ragi tape

Gula pasir secukupnya

Cara membuat:

Cuci beras ketan hingga bersih, lalu rendam dalam air selama 6-8 jam.

Tiriskan beras ketan dan kukus hingga matang.

Setelah matang, pindahkan beras ketan ke dalam wadah yang bersih dan biarkan dingin selama beberapa saat.

Setelah beras ketan dingin, tambahkan ragi tape dan gula pasir secukupnya. Aduk rata.

Tutup wadah dengan kain bersih atau plastik wrap dan simpan di tempat yang hangat selama 2-3 hari atau hingga tape ketan terfermentasi dengan baik. Jangan lupa untuk mencampur adonan setiap 12 jam sekali agar fermentasi merata.

Setelah 2-3 hari, tape ketan siap disajikan.

Menurut beberapa ahli kuliner, tape ketan memiliki manfaat kesehatan yang cukup besar bagi tubuh manusia. Makanan ini mengandung banyak bakteri baik yang mampu membantu sistem pencernaan manusia. Selain itu, tape ketan juga mengandung banyak vitamin B kompleks, yang penting untuk kesehatan saraf dan sirkulasi darah.

Makanan tradisional seperti tape ketan perlu dijaga kelestariannya agar tidak hilang begitu saja. Oleh karena itu, kita perlu terus melestarikan dan mengembangkan budaya kuliner yang sudah ada, termasuk tape ketan. Mari kita coba membuat tape ketan di rumah dan menyajikannya sebagai hidangan istimewa pada saat-saat tertentu, seperti Lebaran. Selamat mencoba!

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Sinergi Program

KEMENDES
NGAWI SATU DATA
LAPOR
PPID
JDIH

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:485
    Kemarin:473
    Total Pengunjung:244.224
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:100.28.227.63
    Browser:Tidak ditemukan