SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA GRUDO KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI KRITIK DAN SARAN BISA DISAMPAIKAN PADA BAGIAN BAWAH POST BERITA

Artikel

Idul Fitri, Momen Saling Memaafkan dan Berbagi Rezeki

18 April 2023 15:06:44  Administrator  525 Kali Dibaca  Berita Nasional

Hari Raya Idul Fitri menjadi momen yang paling dinanti oleh umat muslim di seluruh dunia. Selain sebagai hari kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh, Idul Fitri juga menjadi momen untuk saling memaafkan dan berbagi kebahagiaan dengan orang sekitar.

Ada tradisi khas yang dilakukan oleh masyarakat Jawa dalam memperingati 1 Syawal atau biasa disebut lebaran. Tradisi itu adalah meminta dan memberi maaf yang biasa dilakukan dengan mendatangi rumah ke rumah tetangga sekitar.

Tradisi ini dilakukan sebagai simbol dari perdamaian dan kerukunan antar sesama. Meskipun mungkin ada perbedaan pendapat atau perbedaan pandangan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, namun momen ini dijadikan kesempatan untuk saling memaafkan dan menghapus kesalahpahaman yang terjadi.

Tidak hanya itu, warga juga menyiapkan hidangan di setiap rumah. Hidangan yang disajikan beragam, mulai dari makanan khas daerah, kue-kue lebaran, sampai makanan yang diolah secara khusus untuk menyambut tamu yang datang berkunjung.

Tradisi saling memaafkan dan berbagi hidangan ini menjadi momen yang sangat dinanti oleh masyarakat Jawa, terutama bagi mereka yang merantau jauh dari kampung halaman. Di samping itu, momen ini juga menjadi kesempatan untuk berbagi rezeki berupa uang dan menjalin hubungan yang lebih baik antar sesama.

Untuk berbagi rezeki dengan memberikan sejumlah uang, biasanya dilakukan kepada anak-anak. Dan biasanya momen pembagian uang ini yang menjadi semangat bagi anak-anak untuk saling mengunjungi rumah tetangga sekaligus bersilaturahmi.

Meskipun ada perbedaan cara dalam memperingati Idul Fitri di setiap daerah, semangat saling memaafkan dan berbagi kebahagiaan tetap menjadi esensi dari perayaan ini. Selamat Idul Fitri bagi umat muslim di seluruh dunia.

 

 

 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Sinergi Program

KEMENDES
NGAWI SATU DATA
LAPOR
PPID
JDIH

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:367
    Kemarin:765
    Total Pengunjung:201.177
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:52.14.130.13
    Browser:Mozilla 5.0