SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA GRUDO KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI KRITIK DAN SARAN BISA DISAMPAIKAN PADA BAGIAN BAWAH POST BERITA

Artikel

Kenduri, Upacara Adat Jawa yang Memberikan Beragam Manfaat

28 Maret 2023 13:55:42  Administrator  20.509 Kali Dibaca  Berita Ngawi

Kenduri atau sering juga disebut sebagai slametan, merupakan sebuah upacara adat yang umum diadakan oleh masyarakat Jawa. Upacara kenduri ini biasanya dilakukan untuk merayakan berbagai macam acara seperti kelahiran bayi, pernikahan, upacara kematian, dan juga acara keagamaan.

Dalam kenduri, masyarakat Jawa biasanya akan berkumpul dan mempersiapkan berbagai jenis makanan dan minuman yang kemudian akan disajikan dalam sebuah wadah khusus yang disebut dengan nasi tumpeng. Nasi tumpeng ini biasanya berisi berbagai macam jenis lauk, sayuran, serta telur, ayam panggang dan kerap disajikan dalam pesta besar.

Selain sebagai bentuk perayaan, kenduri juga memiliki manfaat yang baik bagi masyarakat Jawa. Dalam acara kenduri, masyarakat Jawa diajarkan untuk saling berbagi dengan sesama, membantu orang yang membutuhkan, serta meningkatkan kebersamaan dan rasa persaudaraan antar sesama.

Selain itu, dalam kenduri juga terdapat nilai-nilai keagamaan yang sangat kuat, sehingga acara ini bisa menjadi sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat Jawa. Oleh karena itu, kenduri bukan hanya sekadar acara perayaan, tetapi juga sebuah upacara adat yang memiliki nilai-nilai sosial dan keagamaan yang tinggi.

Dengan demikian, kenduri merupakan sebuah upacara adat yang sangat penting bagi masyarakat Jawa. Selain menjadi sarana untuk merayakan berbagai macam acara, kenduri juga memiliki manfaat yang baik bagi masyarakat Jawa dalam meningkatkan kebersamaan, rasa persaudaraan, dan nilai-nilai keagamaan yang tinggi.

 

 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Sinergi Program

KEMENDES
NGAWI SATU DATA
LAPOR
PPID
JDIH

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:477
    Kemarin:473
    Total Pengunjung:244.216
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:100.28.227.63
    Browser:Tidak ditemukan