SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA GRUDO KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI KRITIK DAN SARAN BISA DISAMPAIKAN PADA BAGIAN BAWAH POST BERITA

Artikel

Kirab Pusaka, Agenda Sakral Hari Jadi Ngawi

05 Juli 2022 18:03:05  Administrator  277 Kali Dibaca  Berita Ngawi

Sebagai wujud peduli pada kelestarian budaya, Pemerintah Kabupaten Ngawi menetapkan program Hari Jadi Ngawi sebagai agenda prioritas. Agenda Hari Jadi Ngawi dilaksanakan dalam menyambut maupun memperingati lahirnya Ngawi dengan berbagai kegiatan dari ziarah makam leluhur, Kirab Pusaka hingga pementasan berbagai seni budaya.

Dari sekian banyak program dalam Peringatan Hari Jadi Ngawi ke-664 Tahun 2022, kirab Pusaka menjadi agenda spesial di mata masyarakat. Kirab Pusaka dianggap spesial karena berbagai macam keunikannya. Salah satu keunikan dari kegiatan Kirab Pusaka adalah sarana-sarana yang dilibatkan, seperti pakaian Keraton, prajurit berkuda hingga kereta kuda hingga pusaka yang menggambarkan masa lampau.

Kirab Pusaka merupakan penjemputan Pusaka Tombak Kiai Singkir beserta Songsong Agung Tunggul Warono, Pusaka Tombak Kiai Songgo Langit beserta Songsong Agung Tunggul Wulung di Pendopo Ngawi Purba dibawa kembali ke Pendopo Widya Graha untuk dileremkan selama satu malam.

Pada pelaksanaan kegiatan Kirab Pusaka tahun-tahun sebelumnya, ribuan bahkan belasan ribu masyarakat hadir di sepanjang jalan dari Desa Ngawi Purba hingga Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi. Mereka terlihat antusias dengan berbagai ekspresi, salah satunya adalah mengambil momen Kirab Pusaka untuk selvie.

Kirab Pusaka tahun ini, pelaksanaannya ditetapkan pada Rabu (06/7/22) dimulai pukul 08.00 WIB dengan mengambil start dari Pendopo Ngawi Purba. Setelah pemberangkatan dari Pendopo Ngawi Purba dilanjutkan menuju selatan hingga perempatan tugu Desa Karangasri dan mengarah ke barat melalui perempatan Kartonyono sebelum finish di Pendopo Widya Graha.

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Sinergi Program

KEMENDES
NGAWI SATU DATA
LAPOR
PPID
JDIH

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:526
    Kemarin:732
    Total Pengunjung:202.068
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.133.109.30
    Browser:Mozilla 5.0