SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA GRUDO KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI KRITIK DAN SARAN BISA DISAMPAIKAN PADA BAGIAN BAWAH POST BERITA

Artikel

Monev Kecamatan Ngawi di Desa Grudo Tahun 2022

20 Juni 2022 16:06:44  Administrator  154 Kali Dibaca  Berita Desa

Pemerintah Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, melaksanakan monitoring dan evaluasi (Monev) di Desa Grudo, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi Senin (20/6/22). Monev kali ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan dalam rangka pengawasan dan pembinaan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2022.

Pada pelaksanaannya, Pemerintah Kecamatan Ngawi melalui Kepala Seksi Pemerintahan Desa melakukan pembinaan administrasi maupun pengecekan pembangunan fisik di lapangan. Pengecekan administrasi meliputi seluruh transaksi anggaran yang dilakukan pada tahap pertama pencairan. Sedangkan pengecekan fisik di lapangan meliputi pekerjaan normalisasi dan pengerasan jalan dalam bentuk pembangunan jalan paving dan pengurugan.

"Kegiatan hari ini merupakan agenda rutin tahunan dalam rangka pengawasan sekaligus pembinaan pengelolaan administrasi dan pemeriksaan kegiatan fisik. Dari catatan kami, desa grudo cukup tertib dalam pelaksanaan penyerapan anggaran maupun pertanggungjawaban melalui administrasi," terang Arif Kasi Pemerintahan, Masyarakat dan Desa (PMD) Kecamatan Ngawi.

Dalam pengecekan administrasi transaksi keuangan desa, pemerintah Kecamatan Ngawi meneliti kelengkapan-kelengkapan sesuai dengan regulasi saat ini. Pengecekan administrasi meliputi lima bidang yaitu pemerintahan, pembangunan pembinaan, pemberdayaan dan kedaruratan.

"Untuk pengecekan administrasi meliputi seluruh transaksi keuangan yang telah dicairkan desa. Pengecekan meliputi surat-surat pengajuan pencairan data-data pembelian berikut bukti-bukti pembelian dan seterusnya," lanjut Mulyono staf dari pemerintah Kecamatan Ngawi.

Turut serta pada proses pengecekan pekerjaan di lapangan kali ini Tim pelaksana kegiatan (TPK) Desa Gudo. Mereka turut dalam menyiapkan berita acara kontrak dan menghitung volume fisik yang telah dilaksanakan. Selain itu, di lapangan juga melakukan pengecekan kelengkapan selain material inti, seperti papan kegiatan maupun prasasti.

"Sebenarnya kegiatan fisik di Desa Grudo sudah selesai berapa waktu lalu. Namun, monitoring baru bisa dilaksanakan hari ini, mengingat jadwal sebelumnya berada di desa lain ," terang Dinar Firmansyah anggota TPK Desa Grudo.

Seperti monitoring tahun sebelumnya, pelaksanaan penyerapan anggaran di Desa Grudo tidak banyak menemui kendala. Proses-proses dalam monitoring mulai dari kelengkapan berkas administrasi maupun volume dari pembangunan fisik sudah memenuhi standar.

"Dari hasil pemeriksaan administrasi maupun pekerjaan fisik di lapangan sudah selesai 100%. Jadi, proses Monef kali ini berjalan tidak terlalu lama karena segala sesuatunya sudah kami persiapkan sejak awal," lanjut Dinar.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Sinergi Program

KEMENDES
NGAWI SATU DATA
LAPOR
PPID
JDIH

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:452
    Kemarin:732
    Total Pengunjung:201.994
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.144.98.13
    Browser:Mozilla 5.0