SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA GRUDO KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI KRITIK DAN SARAN BISA DISAMPAIKAN PADA BAGIAN BAWAH POST BERITA

Artikel

Bupati Ngawi: Aplikasi Srigati Arahan dari KPK

03 Februari 2022 22:10:10  Administrator  224 Kali Dibaca  Berita Ngawi

Grudo.desa.id - Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) terus berupaya meningkatkan profesionalisme dalam pengelolaan pemerintahan desa. Upaya peningkatan tersebut tidak hanya sebatas dalam pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) saja, namun juga hal lain seperti pengelolaan data dan informasi.

Implementasi peningkatan tersebut salah satunya diwujudkan dengan melaunching Aplikasi Srigati pada Rabu (2/2) di Kurnia Convention Hall Jalan Insinyur Soekarno, Desa Beran, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi.

Selain upaya untuk profesionalisme pelaksanaan pemerintahan desa, launching Aplikasi Srigati juga dimaksudkan sebagai wujud dari arahan KPK terkait pengoperasian aplikasi terintegrasi.

"Pengelolaan Dana Desa (DD), atas arahan KPK harus memiliki aplikasi terintegrasi. Sehingga dalam rangka monitoring evaluasi itu bisa dilihat dengan mudah, presisi, akuntabilitasnya semakin hari semakin baik," kata bupati Ngawi Ony Anwar Harsono saat launching Aplikasi Srigati.

Lanjutnya, Bupati Ngawi juga menegaskan bila aplikasi Srigati merupakan bentuk komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Ngawi dalam mendampingi pemerintahan desa baik dalam penyusunan perencanaan sampai output maupun outcomenya.

"Ini sebagai komitmen kita mendampingi seluruh kepala desa, di desa masing-masing, supaya dalam penyusunan mulai dari perencanaan di APBDes nya, sampai implementasi output, outcome, dan manfaatnya itu bisa jelas terpantau indikatornya," lanjut Ony

Ony meyakini bila aplikasi Srikandi ini akan berjalan sesuai rencana. Hal itu mengacu pada perkembangan Open SID yang cukup pesat sekali baru dilaunching.

"Kalo kita tidak memulai kita tidak akan pernah tahu. Yang jelas baik itu peningkatan SDM dari operator, juga rutin kita lakukan peningkatan. Dan kita lihat sudah luar biasa perkembangannya, kita nantinya singgel Open SID, secara data bisa terintegrasi," pungkas Ony

Secara garis besar aplikasi Srgati sendiri merupakan sarana untuk pelayanan secara digital maupun sebagai penyimpan data-data seluruh desa di Kabupaten Ngawi.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Sinergi Program

KEMENDES
NGAWI SATU DATA
LAPOR
PPID
JDIH

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:84
    Kemarin:734
    Total Pengunjung:204.254
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.117.196.217
    Browser:Mozilla 5.0