SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA GRUDO KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI KRITIK DAN SARAN BISA DISAMPAIKAN PADA BAGIAN BAWAH POST BERITA

Artikel

Telur dalam Tradisi Masyarakat Jawa

23 April 2023 10:11:23  Administrator  5.115 Kali Dibaca  Berita Nasional

Telur dalam tradisi Jawa memegang makna penting sebagai simbol bakal atau calon yang diharapkan terwujud sesuai tujuan ritual. Dalam ritual keagamaan maupun adat istiadat Jawa, telur sering digunakan sebagai simbol keberhasilan dan kesuburan.

Menurut para ahli budaya Jawa, makna telur sebagai simbol bakal atau calon sangat penting dalam tradisi Jawa. Telur dianggap sebagai lambang kesuburan dan keberhasilan dalam mencapai tujuan tertentu. Oleh karena itu, dalam banyak ritual, telur dijadikan sebagai bagian penting dari rangkaian upacara.

Salah satu contoh penggunaan telur dalam tradisi Jawa adalah saat tradisi tanam padi. Di mana, telur dijadikan simbol kesuburan dan harapan bahwa bibit padi yang ditanam itu kelak akan menjadi rejeki setelah dipanen.

Begitu juga dengan ritual pernikahan, telur dipercayai sebagai simbol keberhasilan dan kesuburan dalam membangun keluarga yang bahagia. Biasanya, telur dihias dengan berbagai motif dan diletakkan di atas bantal pengantin. Tujuannya adalah agar pasangan suami-istri dapat hidup dalam keberhasilan dan kesuburan.

Dengan demikian, makna telur dalam tradisi Jawa dapat disimpulkan sebagai simbol bakal atau calon yang diharapkan terwujud sesuai tujuan ritual. Oleh karena itu, telur dijadikan sebagai lambang kesuburan dan keberhasilan dalam mencapai tujuan tertentu, serta dihormati dan dijaga dengan baik dalam budaya Jawa.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Sinergi Program

KEMENDES
NGAWI SATU DATA
LAPOR
PPID
JDIH

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:501
    Kemarin:473
    Total Pengunjung:244.240
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:100.28.227.63
    Browser:Tidak ditemukan