SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA GRUDO KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI KRITIK DAN SARAN BISA DISAMPAIKAN PADA BAGIAN BAWAH POST BERITA

Artikel

Ater Ater, Tradisi Menjelang Lebaran

16 April 2023 19:02:02  Administrator  5.989 Kali Dibaca  Berita Nasional

Menjelang hari raya Idul Fitri 2023, masyarakat Jawa kembali melaksanakan tradisi Ater Ater. Kebiasaan ini merupakan bentuk dari shodaqoh kepada saudara maupun lingkungan sekitar dalam bentuk makanan. Biasanya, Ater Ater ini dilakukan sebagai wujud rasa syukur atas berkah yang diberikan oleh Allah SWT.

Namun, terdapat perbedaan dalam wujud Ater Ater pada era dulu dan era sekarang. Pada era 30 tahunan lalu, masyarakat Jawa masih memegang teguh pada makanan tertentu seperti sambal kentang, kering, telur goreng hingga mie goreng. Sedangkan untuk saat ini, sebagian masyarakat mewujudkan Ater Ater dalam bentuk gula, kopi, maupun makanan olahan pabrik lainnya seperti biskuit dan mie instan.

Meskipun ada perbedaan dalam bentuknya, tradisi Ater Ater tetap menjadi momen yang ditunggu-tunggu, terutama oleh anak-anak. Hal ini dikarenakan bagi anak-anak yang mengantar makanan akan mendapat imbalan berupa uang dari penerima makanan.

Tradisi Ater Ater ini merupakan salah satu dari sekian banyak warisan budaya yang harus tetap dijaga dan dilestarikan. Selain sebagai wujud syukur, tradisi ini juga dapat mempererat tali persaudaraan antar sesama. Semoga tradisi Ater Ater ini dapat terus dilestarikan dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Jawa.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Sinergi Program

KEMENDES
NGAWI SATU DATA
LAPOR
PPID
JDIH

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:533
    Kemarin:473
    Total Pengunjung:244.272
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:100.28.227.63
    Browser:Tidak ditemukan